Cara buat Sound boster rakitan sendiri

Inilah Cara membuat sound booster sendiri ,murah dan sederhana alat dan komponen mudah di dapat
Gambar ilustrasi


Motor anda akan terdengar seperti motor gede
Dewasa ini apakah kalian suka mendengar suara mirip moge yang bersumber dari motor khususnya matic atau motor bebek? Nah hal tersebut memang creatif yang trend pada tahun 2015, tetapi sebelum tahun 2015 sudah banyak dipasang tetapi belum booming seperti sekarang di tahun 2017, biasanya orang kalau mau beli alat ini  bingung mau pasang dimana. dan bengkel motor yang hanya service biasanya tidak melayani jasa pasang apalagi mereka tidak mengetahui ilmu untuk memasangnya. alat ini Sebenarnya dipakai dimotor apapun juga bisa seperti motor bebek, motor matic atau pun motor laki lainnya yang asalkan memiliki spull pada motornya.Sound booster terdiri dari beberapa komponen berupa speaker, elektrolit kondensator/kapasitor ,kabel, saklar dan bagasi motor agan yg udh dilubangi kecil2 agar bunyinya keluar. Speaker yang digunakannya harus speaker dengan ukuran watt besar biar agak ngebass misalnya yang saya pakai woofer 4 inchi.

Nah untuk masalah tekhnisnya , kabel speaker yang berlambangkan negative itu di sambungkan dengan massa,dan kabel dengan lambang positive itu di sambungkan ke kabel spull/kabel positif atau bisa juga kamu ambil dari kabel lampu utama dan coba mainkan  gas yang bila kita gas bisa naik turun yang telah karna biasanya lampu depan diambil bkn dari aki langsung melainkan spoll disambungkan dengan elektrolit kondensator yang sesuai. Untuk saklar on/off itu bisa dipasang di kabel positif. tetapi kalo anda tidak ingin mematikan soundbooster walaupun sedang dijalan sepi yaa tidak usah pakai saklar on off.

Sebenaranya untuk perakitan atau pemasangan speaker suara moge itu ada berberapa versi tergantung dari ilmu yang dimiliki oleh kita . Nah untuk penjelasan di atas itu saya ambil atau saya tulis berdasarkan pengalaman yang saya lakukan.Saya sudah pernah memasang alat ini di motor scorpio.


Kalau kamu mau membuatnya berikut alat dan bahannya:

1.Speaker woofer 4-6 inci 6 ampere

2. 2 buah Elko / kapasitor / elektrolit kondensator 50 volt 450 uf

3.Kabel secukupnya usahakan kabel yang tahan terhadap panas

4.solder dan timah secukupnya

5. Toples plastik sebagai bok speaker agar suara semakin merdu

Speaker subwoper di utamakan terlebih bekas limbah speaker mobil wah mantap suaranya

Kapasitor
Jangan takut paaang kapaaitor besar atau kecil uf nya gak akan ganggu kelistrikan motor kamu


Berikut skema rangkaiannya,





Penting
Di tahun 2017 biasanya lampu menyala sebelum mesin hidup nah Kabel ke lampu senja yang tidak support yang arus lampunya DC/accu.
Epeknya suara terdengar plat gak bisa di mainkan
(cirinya: tanpa menyalakan mesin lampu sudah bisa nyala).jadi harus pake yang arusnya berasal dari mesin/arus putaran mesin.

Langsung aja sambungkan ke soket lampu kota atau kalau yg gk mau ribet ,sambungin ke kaki lampu kota lalu pasang lagi ke soket lampunya,,dan coba nyalain motor kalian lalu tekan on pada saklar sound boosternya,gas dulu perlahan jika getaran speaker masih stabil terus gas sampe suara meraung kencang.
Jika suara msih pelan agan bisa ganti dengan uf nya yg lebih besar tapi perlu di ingat kapasitor besar speaker nya juga harus mampu menahan tahanan tersebut.

Sekian dulu penjelasnya selamat mencoba dan jangan takut karna biasanya usaha sendiri lebih bernilai di banding membeli jadi.


Cara buat Sound boster rakitan sendiri Cara buat Sound boster rakitan sendiri Reviewed by Unknown on 29 July Rating: 5

No comments