8 masalah pada android marshmallow

8 Permasalahan pada Android Marshmallow dan Cara Mengatasinya



Android Marshmallow memang bukan update major sama halnya dengan Lollipop. Namun pada Android versi ini, beberapa fitur menarik lahir. OS robot hijau ini juga menjadi semakin pintar dengan kehadiran Google Now on Tap. Akan tetapi layaknya update versi awal, Marshmallow 6.0 juga dihinggapi banyak bug yang cukup menjengkelkan. Beberapa pengguna mungkin akan mendapati masalah serius seperti munculnya masalah audio setelah melakukan update. Bahkan mungkin ada juga yang mengalami masalah charging yang menjadi semakin lambat. Tapi tidak perlu khawatir, semua masalah tersebut ada solusinya. Untuk lebih lengkapnya, berikut permasalahan pada Android Marshmallow dan penyelesaiannya.

1. Audio Error pada Android Marshmallow



Masalah ini memang cukup kerap dijumpai pada pengguna yang baru saja melakukan update dari Lollipop ke Marshmallow. Bentuk dari permasalahan audio yang paling kerap muncul adalah menurunnya kualitas microphone. Tentu saja ini bukan masalah sepele. Seperti yang diketahui, microphone adalah salah satu komponen vital dalam perangkat smartphone. Tanpanya, panggilan telepon tidak dapat dilakukan. Awalnya memang hanya penurunan kualitas saja. Namun jika masalah ini terus didiamkan, bukan tidak mungkin masalah tersebut akan berkembang menjadi lebih serius.

Untuk mengatasi masalah ini, pengguna bisa melakukan factory reset. Akan tetapi sebelum melakukannya, pastikan untuk membackup semua data penting yang ada. Ada 2 cara melakukan factory reset. Yang pertama adalah dengan masuk ke menu Settings -> Backup and Reset -> Reset Device -> Erase Everything. Sedangkan untuk cara kedua adalah dengan mematikan smartphone Android yang hendak direset kemudian tekan tombol volume atas, home dan tombol power secara bersamaan. Tekan ketiga tombol tersebut hingga keluar logo Android. Setelah itu, pilih factory reset, pilih delete all user data kemudian reboot smartphone.

Proses ini akan memakan waktu selama beberapa saat. Setelah proses factory resetselesai, kini pengguna bisa mulai melakukan set up ulang. 

2. Error saat Proses Instalasi Android Marshmallow



Saat melakukan update, sangat disarankan untuk melakukannya dengan koneksi internet yang stabil. Itu karena jika updateterputus di tengah jalan, hal tersebut akan berpengaruh pada kinerja smartphone. Bahkan dalam banyak kasus, smartphone akan mengalami error yang cukup serius.

Cara mengatasi masalah ini adalah dengan melakukan wipe cache partition. Cara untuk melakukannya memang cukup beragam bergantung pada tipe smartphone yang digunakan. Namun sebagai contoh, berikut ini cara untuk mengatasi masalah tersebut. Pertama matikan smartphone Android kemudian tekan tombol volume up, power dan home secara bersamaan. Setelah muncul logo Android, lepas ketiga tombol tersebut kemudian pilih wipe cache partition. Tunggu selama beberapa saat dan rebootsmartphone Android tersebut. 

3. Masalah Boros Baterai



Bisa dibilang inilah masalah yang kerap dialami pengguna setelah melakukan upgrade ke Android Marshmallow. Bayangkan saja, smartphone adalah perangkat yang terbilang boros baterai. Jika daya tahan baterainya semakin boros, tentu akan sangat menyulitkan penggunanya. Penyebab dari masalah ini umumnya karena data-data lama yang menyebabkan sistem crash. Karena itu, sistem dipaksa untuk bekerja lebih keras hingga menguras baterai lebih cepat.

Untuk mengatasi permasalahan pada Android Marshmallow ini, pengguna bisa melakukan factory reset. Caranya cukup sederhana. Pertama, masuk ke menu Settings, pilih Backup and Reset kemudian pilih Reset device dilanjutkan dengan memilih Erase everything. Jika cara tersebut masih belum bisa mengatasi masalah ini, pengguna bisa melakukan factory resetdengan cara menekan tombol volume up, power dan home secara bersama-sama, pilih factory reset kemudian rebootsmartphone. 

4. Wi-Fi Error setelah Update Android Marshmallow



Sebenarnya ini adalah masalah yang kerap muncul saat pengguna melakukan upgrade. Jadi tidak perlu khawatir jika masalah ini muncul. Cara mengatasinya juga tidak begitu sulit. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan mengaktifkan mode Air Plane kemudian matikan mode tersebut. Jika masih belum teratasi, matikan Wi-Fi kemudian restartsmartphone. Setelah smartphone menyala kembali, masuk ke menu Settings, pilih Backup & reset dan pilih Network settings reset. Jika sudah, nyalakan Wi-Fi kembali. 

5. Charging Menjadi lebih Lambat setelah Update



Masalah charging yang biasa muncul setelah update adalah semakin lambatnya proses charging suatu smartphone. Jika mengalami masalah ini, tidak perlu panik apalagi marah-marah. Masalah seperti ini muncul dikarenakan pemakaian daya yang semakin besar. Satu-satunya cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan melakukan factory reset. Setelah selesai melakukan factory reset, proses chargingakan berjalan seperti semula, tidak lambat seperti saat pertama kali melakukan update ke Android Marshmallow. 

6. Performa Menurun setelah Update



Spesifikasi smartphone tinggi namun performanya terasa lambat? Jika demikian, kemungkinan ada yang salah dengan softwarenya. Masalah ini bisa dialami oleh siapapun setelah melakukan upgrade ke Android Marshmallow. Penyebab dari masalah ini umumnya ada pada aplikasi yang menguras banyak resourcesmartphone. Karena itu, pengguna memang harus mengidentifikasi aplikasi yang menyebabkan permasalahan pada Android Marshmallow ini.

Untuk mengetahui aplikasi yang mengganggu, masuklah ke safe mode. Pengguna bisa masuk ke mode ini dengan menekan tombol power untuk melakukan reboot. Namun saat muncul logo start, langsung tekan tombol volume downhingga smartphone selesai melalukan reboot. Nanti akan muncul tulisan safe mode pada sisi sebelah kiri bawah layar yang menandakan bahwa pengguna telah masuk ke dalam mode tersebut. Setelah itu, lepas tombol volume dan periksa apakah smartphone masih berjalan lambat atau tidak. Jika masalah tersebut masih muncul, itu tandanya pengguna memang harus melakukan factory resetuntuk menuntaskannya.

7. Data Error Pasca Update Marshmallow



Apalah artinya smartphone tanpa koneksi internet. Namun setelah melakukan update, tidak jarang masalah seperti ini muncul dan mengganggu produktivitas penggunanya. Meski cukup menjengkelkan, masalah ini sebenarnya tidak sulit untuk diatasi. Pengguna bisa mengatasinya dengan menyalakan mode Air Plane dan mematikannya kembali, sama seperti solusi pada masalah Wi-Fi setelah update Marshmallow. Akan tetapi jika masalah tersebut masih muncul, coba matikan smartphone dan diamkan selama beberapa menit. Setelah itu, cabut dan pasang kembali kartu SIM yang digunakan. Hidupkan kembali smartphone dan coba untuk mengakses internet melalui internet broadband.

Terkadang masalah ini juga bisa muncul akibat kesalahan setting APN. Untuk itu, coba periksa setting APN dan pastikan sudah sesuai dengan kartu SIM yang digunakan. 

8. Boros Baterai saat Wi-Fi dalam Kondisi Menyala



Wi-Fi adalah konektivitas yang paling bisa diandalkan untuk mendapatkan koneksi internet yang cepat dan stabil. Dibandingkan dengan internet broadband, internet Wi-Fi memang lebih bisa diandalkan. Namun tidak jarang masalah boros baterai muncul karena terlalu lama menyalakan Wi-Fi. Bahkan masalah ini bisa menjadi lebih serius pasca update ke Android Marshmallow.

Jika pengguna mengalami masalah seperti ini, tidak perlu panik. Masalah ini bisa diatasi dengan melakukan reset jaringan. Caranya adalah dengan masuk ke menu Settings, pilih Backup & reset kemudian pilih Network settings reset. Setelah itu nonaktifkan fitur scanning Wi-Fi dengan cara masuk ke menu Settings, pilih Locationdan pilih Scanning. Jangan lupa untuk menyetel ulang pengaturan penyimpanan daya baterai melalui menu Settings -> Location -> Mode -> Battery saving. Jika semua proses sukses dilakukan, permasalahan pada Android Marshmallow ini akan hilang tak berbekas. 

Semoga dapat di pahami
8 masalah pada android marshmallow 8 masalah pada android marshmallow Reviewed by Unknown on 12 August Rating: 5

No comments